Manfaat Warming Up Sebelum Olahraga

Manfaat Warming Up Sebelum Olahraga

Manfaat warming up sebelum olahragaWarming upyaitu merupakan pemanasan dengan menggunakan serangkaian gerak, baik itu secara ataupun khusus, biasanya ini digunakan sebelum melakukan pelatihan atau pertandingan dan biasanya juga dilakukan kurang lebih dalam waktu 5-15 menit sebelum memulai kegiatan. Ini berguna untuk meningkatkan kapasitas untuk kerja fisik atlet dan untuk peningkatan kondisi tubuh pada atlet secara psikologis.

Manfaat warming up sebelum olahraga

Cara melaksanakannya yaitu biasanya dengan waktu untuk pemanasan biasanya ini selama 5-10 menit sebelum Anda melakukan untuk olahraga inti. Pemanasan tersebut biasanya dilakukan dengan cara berlari-lari kecil, atau Anda juga bisa berjalan dengan cara mengelilingi lapangan, kemudian Anda meloncat-loncat, dan juga dengan memakai gerakan aerobic yang lain yang tentunya mempunyai tujuan untuk meningkatkan suhu yang terdapat pada tubuh dan untuk dapat melemaskan otot-otot pada tubuh. Sehingga ketika Anda melakukan olahraga inti ini tubuh Anda tidak akan kaget.

Manfaat warming up

Dengan Menambah gerakan yang memang tidak terkait aktivitas Anda dengan stabil dan perlahan, seperti contohnya untuk senam dan latihan fleksibilitas.sebagai Salah satu contoh yang cukup baik yaitu dengan latihan betis. Latihan tersebut merupakan pemanasan yang tentunya sangat baik untuk kaki sebelum Anda melakukan jalan kaki.

  1. Dengan Anda melakukan pemanasan sebelum olahraga inti maka darah yang ada dalam tubuh kaya akan nutrisi serta oksigen akan dapat mengalir ke otot sehingga ini akan siap untuk Anda pacu kerja yang lebih berat.
  2. Kemudian untuk mengindari cedera. Nah sangat mengkhawatirkan jika tidak melakukan warming up karena bisa memiliki Efek dan Akibat jika Tidak Melakukan Pemanasan Olahraga pada sendi dan tulang bisa menjadi cidera otot dan juga cidera sendi. Ini merupakan sebagai barang tentu cedera tersebut dan juga akan bisa sangat mengganggu untuk aktivitas dan mungkin ini akan sangat menyakitkan sehingga Anda perlu untuk perawatan medis yang lebih lanjut.
  3. Untuk meningkatkan suhu tubuh Anda beserta jaringan-jaringannya.
  4. Untuk memperlancar aliran darah dengan cara melalui otot-otot aktif.
  5. Untuk meningkatkan detak jantung sehingga Anda akan bisa mempersiapkan kerja system untuk jantung serta untuk pembuluh darah.
  6. Untuk menaikkan tingkat energi yang sudah dikeluarkan dari metabolisme tubuh.
  7. Untuk memperlancar pertukaran oksigen dan hemoglobin.
  8. Untuk meningkatkan kecepatan pada perjalanan sinyal saraf yang dapat mengendalikan gerakan tubuh.
  9. Untuk mengurangi adanya ketegangan yang terjadi pada otot.
  10. Untuk meningkatkan kemampuan pada jaringan penghubung pada gerakan memanjang atau gerakan yang meregang.

  1. Lama waktu untuk pemanasan yang baik yaitu lima sampai dengan sepuluh menit.
  2. Anda bisa melakukan kardio yang ringan seperti contohnya lari-lari kecil sampai tubuh terasa hangat dan kemudian juga detak jantung bisa meningkat.
  3. Selipkan gerakan yang dominan pada olahraga yang akan Anda lakukan pada pemanasan. Misalnya, sebelum Anda bertanding sepak bola, maka lakukan passing-passing pendek dengan teman.
  4. Istirahatlah lima menit setelah Anda melakukan pemanasan, supaya cadangan untuk energi di otot akan terisi kembali.

Manfaat warming up sebelum olahraga


Nah sekarang Anda sudah tahukan mengenai manfaat warming up sebelum olahraga? Tentunya warming up ini sangat bagus untuk Anda gunakan sebelum Anda melakukan olah raga. Itulah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pentingnya warming, kemudian manfaat dan cara untuk melakukan dari warming tersebut. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Warming Up Sebelum Olahraga"

Posting Komentar