Manfaat Jamur Tiram

Berbagai Manfaat Jamur Tiram



Manfaat Jamur Tiram - Jamur tiram adalah salah satu jenis tanaman yang menyehatkan dan disukai oleh masyarakat. Dalam jamur tiram terdapat kandungan asam lemak jenuh serta polisakarida kitin yang menimbulkan rasa enak. Tanaman ini termasuk bahan makanan yang aman untuk tubuh. Selain itu, jamur tiram juga terkandung mineral mikroelemen yang memiliki sikap logam, namun pada yang kadar rendah. Walaupun lezat dan mempunyai kadar gizi tinggi, namun harganya sangat terjangkau.


Manfaat Jamur Tiram Untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Tiram

Jamur tiram penuh dengan protein, bahkan kandungannya lebih tinggi bila dibandingkan tempe ataupun daging ayam. Kandungan asam amino juga sangat lengkap, seperti triptofan, lisin, valin, threonin, metionin, leusin, isoleusin, fenilalanin, serta histidin. Ada pula berbagai mineral yang penting seperti kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Masih banyak lagi kandungan jamur tiram yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk memahaminya, maka berikut ini akan dipaparkan berbagai Manfaat Jamur Tiram:

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Mengkonsumsi sebanyak satu porsi jamur tiram, akan menyediakan 20% sampai 40% asupan tembaga harian untuk tubuh kita. Mineral ini memiliki fungsi untuk melindungi jantung kita.

  2. Menurunkan berat badan
    Jamur tiram juga mengandung protein yang tinggi, namun kandungan kalori serta kolesterol rendah. Kandungan airnya pun juga tinggi, yang mencapai 80%. Selain itu jamur tiram ini juga mengandung serat yang tinggi. Dengan semua kandungan tersebut akan membantu mengontrol berat badan.

  3. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan stroke
    Kandungan kalium pada jamur lebih tinggi daripada jus jeruk ataupun pisang. Dengan adanya kalium ini maka dapat mencegah hipertensi serta risiko stroke.

  4. Aman untuk penderita diabetes
    Jamur menjadi makanan yang paling ideal bagi pasien diabetes. Hal ini karena jamur tiram mengandung kolesterol,  karbohidrat, insulin alami serta enzim yang dapat menghambat penyerapan gula. Selain itu, tanaman ini juga memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan fungsi organ hati, pancreas, serta kelenjar endokrinal. Jamur juga mempunyai antibiotik alami yang dapat memberikan perlindungan untuk penderita diabetes dari adanya infeksi.

  5. Mengatasi flu serta demam
    Di negara seperti Jepang dan China, jamur telah dikenal sebagai obat untuk mengatasi flu dan demam. Adanya lentinan pada jamur bisa meningkatkan imuni tubuh dan melawan infeksi.

  6. Dapat melawan radikal bebas
    Jamur memiliki kandungan senyawa penting seperti riboflamin, niacin, serta selenium. Senyawa ini menjadi Antioksidan yang bekerjasama dengan vitamin E, untuk melawan radikal bebas perusak sel-sel tubuh.

  7. Mengurangi risiko kanker prostat
    Jamur mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker prostat. Dalam penelitian menunjukkan dengan mengkonsumsi konsumsi selenium sebanyak 2x lipat asupan harian dapat menurunkan terkena risiko kanker prostat hingga 65 persen.

  8. Dapat mencegah kanker payudara
    Asam Linoleat pada jamur dapat menekan efek estrogen yang merupakan faktor pemicu kanker payudara. Juga adanya Beta-glucan bisa menghambat tumbuhnya sel kanker prostat.

  9. Baik dikonsumsi oleh ibu hamil
    Jenis jamur yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah jamur tiram putih. Ibu  hamil memerlukan asupan nutrisi harian yang diperlukan untuk perkembangan janin. Ibu hamil tersebut akan mendapat asupan gizi harian yang berlipat ketika mengkonsumsi jamur tiram putih.

    Jamur Tiram

Manfaat Jamur Tiram


Demikianlah pemaparan mengenai Manfaat Jamur Tiram yang sangat baik untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya, namun dengan harga yang sangat terjangkau. Maka kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Jamur Tiram "

Posting Komentar