Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh


TAHUKAH ANDA????

Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh memanglah tidak diragukan lagi.  Seperti yang dilansir dari Steady Health, satu cangkir susu kedelai yang tak difortifikasi atau masih murni memiliki kandungan hampir 4 gram karbohidrat, 4,5 gram lemak,  7 gram protein dan tidak memiliki kandungan kolesterol. Sedangkan sekarang ini susu kedelai yang beredar di pasaran sudah diperkaya akan vitamin E, B12, D, kalsium dan nutrisi lainnya. Dan inilah beberapa manfaat susu kedelai untuk kesehatan:

1. Untuk Menurunkan Kolesterol.
Berbeda dengan susu sapi yang tinggi akan lemak jenuh, sebagian besar lemak pada susu kedelai tak jenuh dan non kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol yang jahat dalam darah.

2. Untuk Menurunkan Berat Badan.
Secangkir susu sapi memiliki 12 gram gula, sedangkan susu kedelai hanya memiliki 7 gram gula. Inilah mengapa jumlah kalori dalam satu cangkir (200ml) susu kedelai jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi. Sehingga minum susu kedelai dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

3. Mencegah Kanker Prostat.
Susu kedelai kaya akan phytoestrogen yakni hormon tanaman yang mampu dalam menghambat produksi hormon testosteron pria. Kadar testosteron yang berkurang bisa mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian sudah membuktikan bahwa pria yang mengonsumsi kedelai secara rutin resiko mengalami kanker prostat lebih kecil.

4. Membuat Menopause Lebih Nyaman
Selama mengalami menopause, produksi pada hormon esterogen wanita dapat menurun drastis. Penurunan hormon secara besar-besaran dan mendadak ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada wanita seperti penyakit diabetes, jantung dan obesitas. Dengan mengonsumsi susu kedelai yang kaya akan phytoestrogen yang mampu menggantikan hormon esterogen, maka wanita lebih sehat dan nyaman menjalani masa menopause.

5. Untuk Mencegah Osteoporosis.
Tak hanya susu sapi yang mampu menurunkan risiko osteoporosis, susu kedelai ternyata juga dapat memberi manfaat yang sama. Kandungan phytoestrogen di dalam susu kedelai dapat mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan juga mencegah hilangnya massa tulang. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, pastikan Anda membeli susu kedelai yang memiliki kandungan vitamin D.

6. Sebagai Sumber Protein. Susu kedelai adalah  sumber protein dimana jumlah nya hampir sama dengan susu sapi. Uniknya susu kedelai juga memiliki kandungan protein nabati yang mampu mencegah osteoporosis alias kerapuhan tulang belakang.

7. Mampu Mencegah Diabetes Mellitus (Kencing Manis).
Penyebab dari diabetes melitus yaitu tubuh kekurangan Insulin; yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air dan elektrolit. Di dalam susu kedelai memiliki kandungan Asam Amino Arginin dan Asam Amino Glisin mampu menjaga keseimbangan hormon insulin. Protein dalam susu kedelai juga lebih mudah diterima organ ginjal jika dibandingkan dengan protein hewani. Oleh karena itu, susu kedelai sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh

MANFAAT SUSU KEDELAI BAGI KESEHATAN TUBUH

Itulah beberapa manfaat susu kedelai dari sekian banyak yang perlu anda ketahui.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Susu Kedelai bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar